Mie Ayam Yamin?

Awalnya ngira kalau ini adalah jenis mie ayam yangMie ayam yamin pakai bumbu manis semanis saya. tapi ternyata bukan ahaha. Yamin adalah nama bentuk penyajian mie ayam, dimana kuahnya dipisahkan dari mie nya. kasihan ya pake dipisah segala wkwk. Saya mulai bilang “Oooalaah..” setelah seorang teman menjelaskan pengertian mie ayam yamin saat sekitar 2 bulan lalu ketika dapat kesempatan makan mie ayam yamin Bandung. ini beneran saya ke Bandung lho. Mie beserta basic ingrediences disajikan dalam satu mangkuk mie ayam biasa. kemudian kuah kaldu bening dengan taburan daun bawang potong diletakkan disampingnya. Trus cara makannya gimana?

Nah sebelum itu kita harus tahu dulu asal mula kenapa Mie ayam yamin ini bentuk penyajiannya beda dari meia ayam biasa. trus kenapa dikasih nama tambahan “Yamin”.Sebenarnya awal mula yamin ini adalah agar mie ayam yang di pesan untuk dibungkus tidak mbededeg atau medhog atau terjadi penyerapan air kedalam mie sehingga tampilan mie menjadi lebih pucat dan mengembang. panjang banget translatannya ke Bahasa Indonesianya wkwk. nah keadaan mbededeg itu membuat mie ayam sudah tidak nikmat lagi. memisahkan mie dengan kuahnya terbukti membuat mie lebih awet, ini awalnya merupakan strategi pedagang yang biasanya harus melayani pelanggan yang banyak.

Lalu model penyajian seperti ini di terapkan kemudian bagi pelanggan yang makan on the spot. Pelanggan berkesempatan merasakan mie ayam tanpa kuah. pengalaman baru cara makan mie ayam toh. ahahaha. pelanggan juga dapat menyesuaikan banyaknya kuah yang akan disantap. Nah, dari situ muncullah berbagai variasi cara menikmati mie ayam sesuai selera pelanggan. Bagi yang suka mie ayam dengan kuah yang banyak, tinggal tuangkan semua kuahnya. atau boleh juga minta nambah ke abangnya, klo berani. Kalau mau agak nyemèk biasanya kuah hanya dituangkan seperempat mangkuk dan ditambah saus sambal.

Lalu Istilah yamin itu dari mana sih?

Tidak ada sumber yang terpercaya yang menjelaskan asal mula nama “Yamin”. Kalau menurut analisis saya. “Yam” dari kata mie ayam dan “min” dari kata “minus”. Maksudnya mie ayam yang minus atau ada yang kurang, yaitu kuahnya. Ini teori sementara boleh silakan mau terima klo pemahaman kita sama hahaha.. kalau beda dan ada yang menemukan teori baru atau teori yang valid, silakan dikomen dibawah ini.

-SAYANG KLO GAK DIBAHAS-

Ngomongin mie ayam bandung, setelah dua kali mencoba di tempat yang berbeda, ternyata memang komposisi bumbu mie ayamnya agak berbeda dibanding mie ayam yang sering saya nikmati. mungkin selera jawa barat mempengaruhi ya. rasanya cenderung asin dan bumbu untuk ayam tidak didominasi oleh kecap manis dan kunir alias kunyit melainkan merica dan bawang. warna ayamnya juga masih putih. cocok lah buat orang yang suka mencoba cita rasa baru.

Warung Spesial dan non-Spesial Mie Ayam

Tak banyak Warung Bakso yang menyediakan menu Mie Ayam yang enak. catet ya yang enak. kebanyakan warung bakso akan fokus menyediakan bakso yang khas dari mereka dan menu mie ayam akan terabaikan rasanya apalagi penampilannya.

Hanya karena ingin ikut bersaing, atau ingin mematikan bisnis mie ayam warung lain warung-warung bakso menyediakan menu mie ayam,tapi mereka belum mampu menyeimbangkan penampilan dan rasa antara bakso dan mie ayam mereka. Yah, tak sedikit pula warung bakso yang mampu menarik lidah para pecinta kuliner untuk mencicipi kenikmatan mie ayam buatan mereka. contohnya warung bakso dan mie ayam “Sopo Nyono” di Jln Beringin Raya, Ngaliyan, Semarang. sudah beberapa kali saya dan adik-adik saya menyambangi warung bakso ini. Mie yang digunakan adalah mie yang berbentuk tabung, bukan yang pipih. bentuk mie seperti ini memberikan tampilan yang lebih berisi dan terkesan banyak walaupun dengan berat yang sama dengan mie yang berbentuk pipih. hal ini kan memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmat mie ayam (walaupun saya pribadi lebih menyukai bentuk mie yang pipih karena lebih tipis dan lebih mudah disrutup xixixi…). Disamping itu, penampilannya menarik dan ada rasa khas kunyit yang berasal dari minyak mie ayamnya (Baca Rahasia Gurih Khas Mie Ayam).

Baru saja kemarin saya mencoba mie ayam yang sudah lama saya lirik. Warung Bakso dan Mie Ayam Pak Mitro yang bertempat di samping Pasar Swalayan ADA Siliwangi Jln. Soegiopranoto Semarang.  Warung ini akan sangat ramai ketika waktu makan siang tiba. mungkin pelayanannya yang cepat memberikan poin plus bagi warung mi ayam yang satu ini.

Meskipun para pelanggan kebanyakan memesan bakso andalan mereka, pesanan mie ayam tidak kalah banyak. mienya matang–tentu saja harus–, daging ayam yang manis khas bumbu kecap, dan sayur sawi yang direbus dengan kematangan yang baik. sayangnya daging yang lezat ini terlihat terlalu matang dan menjadikan penampilan mie ayamnya menjadi tidak begitu menarik.  Baca juga TIPS Memilih Daging Ayam “Sehat” untuk Mie Ayam

Akan sangat berbeda bila kita mengunjungi Warung “Mie Ayam Jayasari Pak Sigit” di Jln. Puspogiwang Timur. tempatnya bakal super ramai dan jangan gengsi untuk dempet-dempetan makan demi mie ayam yang menurut saya belum ada yang nandingin. dari cepatnya penyajian, penampilan keseluruhan mie ayam, besar porsinya dan rasanya yang g ada yang nyamain. kece badai dah warung yang satu ini. Nah, mereka memfokuskan diri pada mie ayam makanya rasanya tidak terkalahkan.  meskipun begitu Baksonya juga menyaingi Bakso Petruk di Jln Indraprasta lho. harga bersaing. hhaha lain kali akan saya berikan tampilan sajian mie ayamnya. jangan khawatirr..*0*

terima kasih, semoga bermanfaat menambah referensi dan preferensi mie ayam teman-teman. Lovingchinoo

Rahasia Gurih Khas Mie Ayam

Pernah melihat abang tukang bikin mie ayam menuangkan 2-3 crooot~ an cairan semacam minyak khusus ketika mulai membuat mie ayam pesananmu? apa sebenarnya cairan itu? efeknya apa ke mie ayamnya? yok kita cari tahu.minyak bumbu mie ayam

Cairan itu..

Nggak enak banget ya pakai istilah cairan, bahan itu adalah minyak goreng yang ditambahkan bumbu-bumbu khusus untuk memperkaya aroma dan rasanya. Penambahan bumbu-bumbu ini yang akan membuat mie ayam yang kalian makan menjadi lebih savory and spicy kata orang bule, hhe.. ada berbagai macam komposisi bumbu yang ditambahkan, ada kemiri, jahe, lada, kunyit, garam so pasti dan yang istimewa nih, kulit ayam, hho

nah beberapa di bawah ini adalah resep-resep variasi minyak bumbu mie ayam:
1. resep minyak bumbu mie ayam ala PAWONOMAH
2. Cara membuat Minyak Ayam Enak

How to see, taste, and love chicken noodle